Tugas 6

 

1. Jelaskan dengan singkat ada berapa macam sifat produksi yang saudara ketahui !

Secara umum sifat produksi dibagi menjadi dua yaitu:

  • Proses produksi terus menerus ( Continuous Process )

Proses ini ditandai dengan aliran bahan baku yang selalu tetap atau mempunyai pola yang selalu sama sampai produk selesai dikerjakan, jenis produk ini biasanya untuk membuat produk secara massa atau dalam jumlah yang besar.
Contoh: Industri pupuk, semen, makanan dalam kaleng, minuman dalam botol.

  • Proses Produksi terputus-putus ( Intermittent Process )

Dalam proses ini aliran bahan baku sampai produk jadi tidak memiliki pola pasti atau selau berubah-ubah. Antara produk jadi yang satu dengan produk jadi yang lain bisa berbeda-beda, jenis proses ini biasanya digunakan untuk melayani pesanan yang bisa berbeda-beda dalam hal jumlah, kualitas, disain maupuh harganya.
Contoh : Perusahaan percetakan, Perusahan meubel.

 

2. Jelaskan secara singkat pengertian produksi secara umum dan secara ekonomi !

• Produksi secara umum adalah proses menghasilkan atau menambah nilai guna suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber daya yang ada. Produksi tidak berarti menciptakan secara fisik sesuatu yang tidak ada, karena tidak seorang pun yang dapat menciptakan benda. Oleh karenanya dalam pengertian ahli ekonomi, yang dapat dikerjakan manusia hanyalah membuat barang-barang menjadi berguna disebut “dihasilkan”.
• Produksi secara ekonomi adalah Suatu kegiatan yang dilakukan di bawah kendali dan tanggung jawab unit institusional yang menggunakan input tenaga kerja, modal, dan barang dan jasa untuk menghasilkan output barang atau jasa.

 

3. Dalam bidang produksi mempunyai 5 tanggung jawab keputusan utama! Sebutkan dan Jelaskan!

  • Proses : keputusan proses dimaksudkan untuk menentukan proses fisik dan fasilitas yang akan digunakan dalam proses produksi barang maupun jasa.
  • Kapasitas : keputusan kapasitas dimaksudkan untuk menentukan kapasitas yang akan dibutuhkan dan digunakan dalam proses produksi seperti kapasitas tempat ,waktu,peralatan  yang dibutuhkan untuk memproduksi satu produk.
  • Persediaan : keputusan persedian dilakukan untuk memutuskan apa yang harus dipesan dan apa yang tidak harus dipesan dalam melakukan proses produksi seperti pemesanan bahan baku untuk melakukan pemesanan setidaknya produsen harus mengecek apakah bahan baku yang tersedia mencukupi untuk produksi atau tidak.
  • Tenaga Kerja : keputusan tenaga kerja dalam produksi sangatlah penting karena keputusan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu barang artiny tanpa tenaga kerja maka tidak akan ada barang yang diproduksi.
  • Mutu : keputusan ini memnuntit produsen untuk bertanggung jawab atas barang yang dihasilkan oleh karena itu dalam melakukan kegiatan produksi produsen harus memerhatikan kualitas tidak hanya kuantitas karena kualitas suatu barang akan menjadi perhatian konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: