Analisis Dampak Penerapan PSAK 16, 42, 50, 55, 60 pada PT. EVERGREEN INVESCO, Tbk.

Nama   : Dhony Aditya

NPM   : 21210942

Kelas   : 4EB09

 

 

PT. EVERGREEN INVESCO, Tbk (GREN) adalah perusahaan bergerak dalam bidang perdagangan umum besar yang merupakan sebagai distributor utama barang dagang seperti kapas dan kapas sintetis. Karena besarnya ruang lingkup kegiatan usahanya, maka laporan keuangan sangat penting peranannya baik untuk pihak internal maupun eksternal perusahaan. Laporan keuangan yang baik adalah laporan keuangan yang disusun dan disajikan secara wajar menurut standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, yaitu PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan). Dalam penulisan ini saya akan membahas tentang penerapan PSAK Revisi No. 16, 46, 50, 55, dan 60 pada laporan keuangan PT. Evergreen Invesco, Tbk tahun 2011 yang akan di sajikan pada laporan keuangan yang akan datang yaitu tahun 2012.

Efektif tanggal 1 Januari 2012 Penerapan PSAK No. 16 (revisi 2011) mengenai aset tetap, Penerapan ini tidak menimbulkan pengaruh signifikan atas jumlah yang dilaporkan dalam laporan keuangan tetapi mempengaruhi akuntansi untuk transaksi masa depan. Pada aset tetap biaya pemeliharaan dan perbaikan juga sudah sesuai dengan PSAK. Tidak adanya perbedaan antara tahun 2011 yang sedang berjalan dengan tahun 2011 yang disajikan di masa yang akan datang.

PSAK 60, Instrumen Keuangan Pengungkapan Standar baru ini menggantikan persyaratan pengungkapan dalam PSAK 50 (revisi 2006), Instrumen Keuangan: Penyajian dan Pengungkapan. Standar baru ini mengakibatkan pengungkapan mengenai signifikansi instrumen keuangan terhadap posisi dan kinerja keuangan Perusahaan, dan sifat dan luasnya risiko yang timbul dari instrumen keuangan yang mana Perusahaan terekspos selama periode dan pada akhir periode pelaporan dan bagaimana entitas mengelola risiko-risiko tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: